Hikmah Berpuasa - berakal

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Saturday, May 19, 2018

Hikmah Berpuasa

HIKMAH BERPUASA 
Image result for gambar sedang puasa                                   
Hikmah Menjalankan Puasa Ramadhan | Menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan adalah suatu kewajiban bagi setiap muslim yang telah baligh dan memenuhi syarat baik syrat syah ataupun syarat wajib . Dan barangsiapa tidak menjalankannya , maka hukumnya berdosa . Dan wajib menggantinya di lain waktu serta wajib juga untuk membayar fidyah .

 Menjalankan Puasa Ramadhan
Puasa ramadhan ,dilakukan bukan hanya bertujuan untuk menahan lapar dn haus , akan tetapi dengan berpuasa ramadhan seseorang yang melakukan harus benar -benar mampu menahan dan mengendalikan hawa nafsunya . Serta harus menjalankan ibadah yang menjadi kewajibannya juga , seperti shalat , zakat , dzikir , membaca al-qur’an , membantu antar sesama dan berbuat baik kepada sesama apapun itu bentuknya . Dan tujuan utama dari melakukan puasa yaitu supaya orang tersebut dapat enjadi seseorang yang bertaqwa . Seperti yang dijelasakan Allah swt dalam QS. Al-Baqarah ayat 183 :
Hikmah menjalankan puasa Ramadhan
  Macam-macam Hikmah Berpuasa
1. Memelihara kesehatan jasmani (Badaniyah).
Sudah menjadi kesepakatan para ahli medis, bahwa hampir semua penyakit bersumber pada makanan dan minuman yang mempengaruhi organ-organ pencernaan di dalam perut. Maka sangat rasional jika dengan berpuasa organ-organ pencernaan di dalam perut yang selama ini terus bekerja mencerna dan mengolah makanan untuk sementara diistirahatkan mulai dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari selama satu bulan. Hal ini memang sudah disabdakan oleh Rasulullah SAW dalam salah satu haditsnya yang diriwayatkan oleh Ibnu Suny dan Abu Nu’aim yaitu: Dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda: “Berpuasalah maka kamu akan sehat” (HR. Ibnu Suny dan Abu Nu’aim).
Juga dalam hadits yang lain dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda: “Bagi tiap-tiap sesuatu itu ada pembersihnya dan pembersih badan kasar (jasad) ialah puasa” (HR. Ibnu Majah).

2. Keseimbangan Hidup
Pada hakikatnya sebagai hamba Allah, manusia diperintahkan untuk beribadah. Hanya karena berbagai hal yang berhubungan dengan duniawi seperti hawa nafsu, pekerjaan dan lain sebagainya membuat manusia terkadang lupa akan kewajiban yang harus dipenuhinya. Di bulan puasa seperti ini, manusia dilatih kembali mengingat kembali sekaligus melaksanakan semua kewajiban tersebut dengan imbalan pahala yang terus di lipatgandakan.

3.Melatih untuk Disiplin dengan Waktu
Untuk mendapatkan puasa dengan tubuh kuat sekaligus fit sepanjang hari, dibutuhkan istirahat yang benar-benar cukup. Hal tersebut menjadikan Anda tidur lebih teratur untuk mendukung kelancaran puasa keesokan harinya. Bangun untuk menyempatkan diri makan sahur di pagi hari termasuk juga berguna untuk melatih kebiasaan bangun lebih pagi menerima rezeki berupa makanan.

4.Lebih Peduli Terhadap Sesama
Persaudaraan sesama muslim memang selalu terlihat sangat jelas selama bulan Ramadhan. Terlihat jelas orang-orang saling memberikan takjil gratis untuk berbuka puasa dan shalat berjamaah di masjid. Selain itu, umat juga berlomba membagikan ilmu pengetahuan mengenai Islam secara lebih dalam melalui ceramah serta diskusi keagamaan yang dilaksanakan di masjid-masjid dan masih banyak lagi. Bukan hanya menjadi lebih peduli, namun hikmah puasa semacam ini juga bermanfaat untuk semakin mempererat silaturahmi.

5.Diampuni Dosanya. 
Tak kalah pentingnya, hikmah oranya yang berpuasa itu adalah diampuni dosanya oleh Allah SWT sehingga jiwanya menjadi bersih dan akan dimasukkan ke dalam surga oleh Allah SWT. Hal ini diperkuat dengan hadits Nabi yaitu: Dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah bersabda :
“Barang siapa berpuasa di bulan Ramadhan karena iman dan perhitungannya (mengharapkan keridhoan Allah) maka diampunilah dosa-dosanya” (HR. Bukhari)


Kesimpulan :
Dengan Demikian dapat disimpulkan bahwa Berpuasa baik pada bulan Ramadhan ataun pun puasa yang lainnya, memiliki dampaknya yang cukup besar terutama dampak positifnya.Yang paling besar itu adalah kita diampuni dosa-dosanya dan mengajarkan kita untuk tidak mengeluh dalam menaha rasa haus dan lapar.Maka berpuasalah maka dampaknya akan kalian rasa kan sendiri.

(Ag)

1 comment: