Contoh Text Observasi Perpustakaan Sekolah - berakal

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Wednesday, October 24, 2018

Contoh Text Observasi Perpustakaan Sekolah


Image result for observasi

    Artikel saya kali ini, akan sedikit memberikan sebuah contoh text observasi tentang mengamati sekolah. Saya mengambil sebuah judul "PERPUSTAKAAN SEKOLAH" ini sudah saya amati sendiri di sebuah perpustakaan di salah satu sekolah di bandung. Contohnya dibawah ini yang saya uraikan :



Tema      : Mengamati Sekolah
Judul      : Perpustakaan
       Perpustakaan adalah institusi pengelolaan koleksi karya tulis,karya cetak,dan karya rekam secara profesional dengan sistem yang baku,guna memenuhi kebutuhan pendidikan,penelitian,pelestarian informasi dan rekreasi para siswa sebagai perpustakaan.
          Di bagian luar perpustakaan terdapat poster-poster yang berisikan slogan-slogan untuk memotivasi para siswa untuk rajin membaca buku. Dibagian luar perpustakaan juga terdapat buku-buku yang bertumpuk tidak rapih. Sedangkan dibagian dalam perpustakaan, buku-buku tersusun dengan rapih. Buku-buku tersebut dikelompokkan menjadi Buku pelajaran, Koran-koran, dan Buku Cerita.
          Buku pelajaran adalah buku acuan wajib yang dipakai di sekolah. Yang membuat materi pembelajaran dan peningkatan keimanan,dan ketakwaan,budi pekerti dan kepribadatan.Kemampuan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Buku pelajaran tersebut terdiri atas buku Fisika, buku Bahasa Indonesia,Buku Penjas,dll.
          Koran atau surat kabar adalah suatu penerbitan yang ringan dan mudah dibuang. Biasanya dicetak pada kertas berbiaya rendah yang disebut kertas koran, yang berisi berita-berita terkini dalam berbagai topik.
Topik bisa berupa even, politik, kriminalitas, olahraga, tajuk rencana dan cuaca. Koran bertujuan untuk memberikan informasi atau berita terkini. Jadi isinya lebih meniti berakatkan informasi terkini yang ada di sekitar kita.
          Buku cerita itu terbagi menjadi 2 macam yaitu buku Fiksi dan buku Non fiksi. Buku fiksi adalah buku yang berisi tentang cerita yang bersifat imajinatif. Tidak membutuhkan pengamatan dalam pembuatannya dan tidak perlu di pertanggung jawabkan karena ide ceritanya berasal dari khayalan. Buku Non-fiksi adalah buku yang berisi kejadian sebenarnya dan bersifat informatif membutuhkan pengamatan dan data dalam pembuatannya sehingga dapat dipertanggung jawabkan isinya.
          Manfaat Perpustakaan sekolah yaitu perpustakaan sekolah dapat menimbulkan kecintaan murid terhadap membaca, Perpustakaan sekolah dapat memperkaya pengalaman belajar murid, dan perpustakaan sekolah dapat mempercepat proses penguasaan teknik membaca.




       Nah, Mukngkin itu contoh Text Observasi yang bisa saya berikan . Text Observasi itu umumnya ditulikan berdasarkan fakta saat pengamatan itu berlangsung . Jadi, mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan yang kurang berkenan.



(A.G)


No comments:

Post a Comment